Laporan Dari Kab. Panajam Paser Utara

ΞMinggu, 24 Februari 2008|→

Dear All

Pendamping ICT bersama dinas pendidikan kab. Penajam paser utara kemarin mengadakan rapat koordinasi jardiknas, percepatan entri nisn dan pijar 2007 yang di hadiri 85 kepala sekolah se kab. Penajam paser utara, sebenarnya seluruh kepala sekolah diundang namun yang hadir cuman 85 dari 143 kepala sekolah yang ada, mulai tingkat SD/MI, SMP/MTs,

dan SMA/SMK negeri dan swasta.dalam rakor tersebut banyak hal yang menjadi bahan masukan bagi kita dalam pengembangan ICT di kab. Penajam paser utara. Salah satunya adalah penyebaran jardiknas ke sekolah. Dari 143 sekolah yang ada di kab. Penajam paser utara baru 1 sekolah yang terkoneksi dengan jardiknas yaitu SMA Negeri 1 Penajam yang memang jaraknya dengan dinas pendidikan dekat sekitar 900 M.


Untuk penyebaran jardiknas di kab. penjam paser utara dengan menggunakan media wireless ke sekolah-sekolah sangat berat disamping ICT Center belum ada, juga kendala infraktruktur, dimana dinas pendidikan saja belum memiliki tower apa lagi jarak dari dinas pendidikan dengan sekolah hanya SMA Negeri 1 penajam saja yang dekat, yang lainnya jaraknya berkilo-kilo meter kemudian terhalang gunung dan hutan, apa lagi sekolah yang berada di kecamatan dan pedesaan tentunya sangat sulit.

Perlu juga pendamping ICT sampikan bahwa di kab. penajam peser utara juga belum terjangkau layanan speedy.

Disamping kendala jardiknas yang belum tersebar ke sekolah-sekolah juga masih banyak sekolah yang belum ada perangkat komputernya, belum ada telepon bahkan ada sekolah yang belum ada listriknya namun dia sangat berharap supaya sekolahnya juga bisa terkoneksi dengan jardiknas sehingga proses pengirim data dari sekolahnya cukup lewat jardiknas tidak perlu datang langsung ke kantor dinas pendidikan.

Alternatif teknologi yang paling mungkin bisa di di gunakan untuk penyebaran jardiknas di kab. Penajam paser utara adalah teknologi mobile dengan flexi. Nah ini mungkin perlu di pikirkan oleh tim ICT Pusat untuk di terapkan khususnya daerah pedalaman seperti penajam paser utara.

Kemudian untuk percepatan pengumpulan data nisn dari sekolah pendamping ICT memerikan pemahaman tentang tata cara entri data sesuai dengan format standar nisn di samping itu format tersebut di bagikan ke masing-masing sekolah. Kemudian di sepakati bahwah data sudah terkumpul di dinas pendidikan paling lambat tanggal 30 juli 2007. kemudian bagi sekolah yang mengumpulkan data nisn paling cepat maka akan di prioritaskan untuk mengikuti pelatihan jardiknas 2007.

Demikian laporan sementara dari kab. penajam paser utara

Salam,


Muslimin


0 komentar: